Tuesday, November 15, 2005

adakah yang namanya dosa?

rasanya tidak!

manusia tidak cukup kuat untuk berbuat dosa. segala yang terjadi adalah atas kuasa yang mahakuasa. kehendaknyalah (semata) yang terjadi, dan manusia beserta semua ciptaan lain, mulai dari seekor (?) kuman berukuran mikroskopis sampai setumpuk galaksi berdimensi miliaran tahun cahaya, hanyalah objek dari kehendak-kehedak sang pencipta. masa bidak-bidak catur harus menanggung akibat dari gerakannya yang (salah), padahal mereka hanyalah objek dari kehendak susanto megaranto, misalnya.


.

manusia sering menghukum dirinya sendiri, untuk sesuatu yang bukan tanggung jawabnya. dikejar-kejar rasa bersalah, sampai memilih bunuh diri. terlepas dari bunuh diri juga bukanlah (selalu) kekeliruan--mengingat bunuh diri bisa saja merupakan sebuah tindakan yang pantas, karena hidup memang tidak layak dijalani, yang jelas bunuh diri karena rasa bersalah itu adalah sebuah kebodohan tak termaafkan.

manusia punya kekuatan yang sangat kecil, sehingga jangan dibayangkan pula kita memiliki tanggung jawab yang demikian besar, termasuk untuk memikul dosa...

lepaskan kehendakmu, reguklah hari ini...

namun jangan lupa, berbuat kasih sayang itu tetap saja lebih mengasyikkan daripada melakukan kejahatan... ini soal mana yang lebih asyik saja... nothing to do with sin!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home